Pages

Tanaman Herbal yang Menolong Orang Berhenti Merokok

Tanaman Herbal yang Menolong Orang Berhenti MerokokMerokok bukan lagi dipandang sebagai kebiasaan buruk, lebih dari itu karena telah menyebabkan kecanduan.

Orang yang telah kecanduan rokok akan merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaannya tersebut, sehingga diperlukan pertolongan seperti dengan produk herbal.

Ada berbagai jenis herbal dan suplemen yang dapat membantu orang menghentikan kebiasaan merokoknya.

Berikut beberapa tumbuhan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi kecanduan rokok, seperti dilansir naturalnews, Selasa (31/7/2012) antara lain:

1. Bunga Lobelia







Bunga Lobelia atau yang sering disebut dengan tembakau India telah dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, pneumonia, dan batuk.

Para peneliti menyatakan bahwa bunga lobelia merupakan tanaman pembersih paru-paru yang dapat mengurangi efek nikotin dalam tubuh.

Penggunaan obat herbal ini harus di bawah pengawasan dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dosis lobelia yang terlalu besar dapat menyebababkan mulut kering, kejang-kejang, mual dan bahkan koma.

2. Jahe







Orang sering merasa mual ketika harus berhenti merokok karena nikotin menimbulkan reaksi penarikan. Jahe dapat mengurangi rasa mual akibat penarikan nikotin.

3. Ekstrak bunga Rhodiola







Ekstrak rhodiola yang diminum di pagi hari dapat meningkatkan fungsi reseptor dopamin. Dopamin adalah hormon yang terkait dengan suasana hati. Jika terlalu sedikit hormon dopamin dalam tubuh, dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Peningkatan fungsi reseptor dopamin dapat membuat hormon dopamin juga meningkat, sehingga orang akan merasa lebih bahagia dan energik setelah berhenti merokok, yang biasanya terjadi reaksi penarikan seperti merasa lemas.

4. Gandum







Gandum adalah makanan yang sehat untuk jantung karena tinggi serat, asam lemak omega-3, kalium, dan folat. Makan sereal gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan arteri yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Gandum juga mengandung zat kimia yang disebut avenathramides yang dapat mengurangi stres, memperkuat sistem saraf, melawan radikal bebas dan mengatasi tekanan darah tinggi. Semua manfaat ini sangat penting bagi perokok yang berada pada risiko tinggi untuk penyakit jantung.

Dengan makan sereal gandum, perokok juga dapat terbantu karena ekstrak yang berasal dari gandum hijau dapat mengurangi gejala penarikan nikotin dan membantu mengurangi ketagihan rokok.

5. Rokok Herbal







Rokok herbal bisa menggantikan rokok biasa dan membantu mengatasi kecanduan. Perokok terbiasa meraih sebatang rokok dalam situasi tertentu dan pada waktu tertentu di siang hari.

Kadang merokok memberikan kenyamanan tersendiri bagi perokok selain keinginan untuk menghisap nikotin semata.

Rokok herbal mengandung bahan kimia dan karsinogen yang lebih sedikit dibanding rokok biasa. Orang dapat menggantikan rokok tembakau dengan rokok herbal untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Manfaat utama dari rokok herbal adalah tidak bersifat aditif. Rokok ini tidak mengandung nikotin sama sekali dan terbuat dari mint, kayu manis, semanggi, licorice atau serai.

Rokok herbal harus digunakan hanya sebagai pembantu jangka pendek untuk menghentikan kebiasaan nikotin dan tidak jangka panjang

Followers