Pages

Manfaat Olahraga bagi Para Perokok

manfaat olahraga bagi perokokOlahraga baik untuk setiap orang baik yang suka mengkonsumsi rokok ataupun tidak. Olahraga untuk para perokok berat sangatlah dianjurkan karena dengan berolahraga secara rutin maka perokok dapat mengurangi resiko terserang kanker paru-paru dan penyakit berbahaya lain. Semakin banyak berolahraga semakin berkurang resikonya namun alangkah baiknya jika orang tersebut dapat berhenti merokok. Orang yang berhenti merokok dan melakukan olahraga secara aktif maka orang tersebut akan memiliki resiko kecil terserang kanker paru-paru.
Olahraga bagi perokok ini juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh perokok terhadap berbagai dampak buruk yang disebabkan rokok, terutama dampak yang berupa penyakit-penyakit berbahaya. Meskipun tidak semua racun dari rokok dapat dinetralkan oleh tubuh perokok namun dengan olahraga racun yang dinetralkan akan lebih banyak sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh rokok. Penyakit ini antara lain kanker paru-paru, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan, gangguan janin dan lain-lain.
Menjaga kesehatan sangatlah penting bagi manusia termasuk bagi para pecandu rokok. Namun para pecandu rokok biasanya beranggapan tidak ada gunanya berolahraga karena mereka telah kecanduan rokok, tubuh mereka telah tercemar dengan zat-zat berbahaya yang dapat membunuh mereka kapan saja. Padahal anggapan seperti ini adalah anggapan yang salah. Perokok memang hampir setiap hari memasukkan zat berbahaya dalam tubuhnya, namun sebisa mungkin tubuh mereka juga berusaha menetralkan racun yang masuk sehingga racun dapat diminimalisir. Dengan berolahraga terbukti berbagai racun yang masuk lebih dapat dinetralisir. Sehingga para pecandu rokok seharusnya juga dapat mengimbanginya dengan olahraga yang cukup agar tubuh mereka tetap mampu melawan zat berbahaya yang ada pada rokok.
Daya tahan tubuh perokok aktif dengan orang yang tidak merokok memanglah berbeda. Perokok lebih rentan terhadap penyakit-penyakit yang menyerang organ-organ bagian dalam tubuhnya terutama organ pernapasan. Organ pernapasanlah yang selalu digunakan sebagai saluran lewatnya asap rokok sehingga zat-zat berbahaya dari rokok lebih banyak masuk disana.
Jadi bagi Anda yang merupakan seorang perokok aktif, hendaknya menjaga kesehatan Anda dengan tetap berolahraga secara teratur agar racun yang terkandung dalam rokok dapat diminimalisir. Olahraga dapat mengurangi kecanduan Anda terhadap rokok. Dengan olahraga Anda juga dapar mengurangi resiko penyakit kanker paru-paru yang disebabkan oleh rokok.
sumber:http://pusatmedis.com/manfaat-olahraga-bagi-para-perokok_772.htm

Followers